Langsung ke konten utama

Model EERD

MODEL EER (ENHANCED ENTITY RELATIONSHIP) 

EERD merupakan Model entity Relationship yang ditambah kemampuan semantiknya dengan beberapa konsep yang lebih kompleks.


Konsep-Konsep Model EER


*  Sub-Kelas (Subclass)
Subset dari suatu entitas yang dikelompokkan dalam pengertian tertentu yang perlu disajikan secara eksplisit.
Subclass merepresentasikan entity yang sama dengan superclass, namun memiliki peran spesifik tertentu.  
Contoh : Entitas PEGAWAI mempunyai beberapa subclass seperti SEKRETARIS, TEKNISI, AHLI (Gambar 1)
Entity dalam subclass merupakan anggota superclass, namun tidak sebaliknya

* Super-Kelas (Superclass)
Entitas yang merupakan induk dari subclass-subclassnya.
Contoh : Subclass SEKRETARIS, TEKNISI, SALES mempunyai superclass PEGAWAI (Gambar. 1)

*  Spesialisasi (Spesialiazation)
Proses pemecahan entitas menjadi subclass-subclass beserta atribut-atributnya. Terdapat beberapa jenis spesialisasi seperti Disjoint Total, Disjoint Partial, Overlapping Total dan Overlapping Partial.
Contoh : Spesialisasi dari PEGAWAI berdasarkan tipe pekerjaan. (Gambar 1)


KAPAN KITA MENGGUNAKAN MODEL EER?

♦ Sebagian besar proyek basis data tidak perlu fiturfitur model berorientasi obyek yang ada pada EER 
♦ Tujuan pemodelan data konseptual adalah untuk menghasilkan sebuah model yang sederhana dan mudah dimengerti 
♦ Jangan menggunakan class/subclass relationship yang kompleks jika tidak diperlukan

♦ Penggunaan model EER menawarkan keuntungan dibandingkan model ER jika digunakan pada kondisi yang tepat
♦ Model EER perlu digunakan jika domain yang dimodelkan secara alamiah bersifat object-oriented, inheritance akan mereduksi kompleksitas perancangan 
♦ Gunakan EER pada situasi: 
 -  Ketika penggunaan attribute inheritance dapat mereduksi penggunaan null pada suatu single entity relation (yang mengandung multiple subclasses) 
 - Subclass dapat digunakan untuk secara eksplisit memodelkan dan menamai subset dari entity yang berpartisipasi pada relationshipnya sendiri (dimana subclass lain dalam superclass yang sama tidak berpartisipasi pada relationship tersebut)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VISI & MISI Perusahaan Apple

Apple Inc. Apple Inc.  (sebelumnya bernama  Apple Computer, Inc. ) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata “Computer” dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pascapeluncuran iPhone. Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing Macbook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone. Perusahaan ini bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektr...

Nilai-Nilai Perusahaan Apple

Nilai-Nilai Perusahaan Apple Etika Bisnis Perusahaan Apple Dalam dinamika bisnisnya Apple telah melakukan pelanggaran etika bisnis ketika berhubungan dengan Foxcon dalam beberapa prinsip, yaitu :       1. Apple, menghadapi kritik besar tentang perlakuan yang tidak adil dari para pekerja dalam rantai pasokan. Yang secara teknis bekerja untuk sebuah perusahaan yang sama sekali berbeda, di negara yang berbeda dengan latar belakang sosial dan ekonomi sangat berbeda. 2. Foxcon menghadapi kontroversi di masa lalu atas masalah bunuh diri.  Fenomena ini  menunjukkan masalah kesejahteraan  yang benar-benar jauh lebih rendah dari rata-rata 3. Pada awal 2011  tercatat  bahwa Cina telah memiliki biaya tenaga kerja tertinggi ketiga dalam perekonomian Asia berkembang.  Namun Foxcon tidak memberikan upah yang sesuai dengan regulasi  4. Etika kerja, kondisi kerja, dan situasi ekonomi  di  Cina  adalah  berbeda secar...