Langsung ke konten utama

Berbagai Macam dan Perkembangan Software Grafis Komputer

Berbagai Macam Softare Grafis Komputer

Software grafis komputer umumnya dibedakan menjadi 3 :
  • Software grafis untuk manipulasi foto sederhana :
1. Photoshine
Software sederhana ini cukup populer, karena banyak user/orang yang membutuhkan software ini untuk menggabungkan 2 foto di 1 frame atau 1 bingkai. Dan didalam software ini banyak menyediakan berbagai jenis desain bingkai yang menarik.

2. Photoscape
Software ini hampir sama dengan photoshine, yang kegunaannya untuk menggabungkan 2 photo didalam 1 bingkai. Namun, bingkai yang disediakan tidak sekreatif dan seindah yang disediakan dalam aplikasi Photoshine.
  • Software grafis untuk Desain Grafis, Bitmap atau Raster :
1. Adobe Photoshop
Software grafis komputer ini sangat umum diketahui semua orang di Indonesia, maupun di dunia ini. Bahkan perusahaan yang bergerak dibidang percetakan menggunakan software yang satu ini.
Nah didalam software yang 1 ini, tidak hanya digunakan untuk menggabungkan 2 foto menjadi 1 frame saja, namun dapat mengubah gambar sedemikian rupa seperti yang pengguna inginkan.
Dan banyak sekali tools-tools yang diberikan dalam software ini, seperti contoh gambar dibawah ini.
Image result for tools adobe photoshop
Nah, seperti gambar diatas, tools-tools yang diberikan berbagai macam sesuai dengan kebutuhan kita.
Seperti contoh menggelapkan atau menerangkan sebuah foto, mengambil sebagian foto dan menimpanya, dll.

2. Corel PhotoPaint
Corel PhotoPaint merupakan Software grafis  Raster yang merupakan pasangan untuk software Corel Draw.


  • Software untuk Desain Grafis , Vector
1. Corel Draw
Yang saya tahu, software ini sangat banyak diminati dibidang perusahaan dalam rangka membuat sebuah Logo, karena dalam membuat logo lebih mudah dengan menggunakan vector yang dihubung-hubungkan dan menjadi sebuah logo.

2. Adobe Illustrator
Sama seperti coreldraw, namun penggunannya lebih dinamis seperti Adobe Photoshop.

Perkembangan Software Adobe Illustrator


Versi 1-1,6 (Illustrator 88)
Adobe Illustrator pertama kali dikembangkan oleh Adobe Inc pada bulan Desember 1986  sebagai komersialisasi di  Adobe huruf pengembangan perangkat lunak dan PostScript format file. Adobe Illustrator adalah produk pendamping dari Adobe Photoshop . Iklan majalah produk itu disebut sebagai "Adobe Illustrator". versi 1.7,  dirilis pada tahun 1988 dan memperkenalkan banyak alat-alat baru dan fitur, dirilis pada tahun 1988 dan memperkenalkan alat-alat baru dan fitur. Adobe Illustrator '88 format file yang digunakan dalam MATLAB bahasa pemrograman sebagai pilihan untuk menyimpan angka.



Versi 2-5
Pada awal 1990, Adobe merilis versi Illustrator untuk NeXT , Silicon Graphics , dan Sun Solaris platform. Versi 2.0, dirilis pada awal 1989. Windows versi berikutnya, versi 4.0, telah banyak dikritik karena terlalu mirip dengan Illustrator 1,1 bukannya Macintosh.
Image result for adobe illustrator 4.0

Versi 6-10
Adobe Illustrator 10, versi terakhir sebelum mengubah citra Creative Suite
Dengan diperkenalkannya Illustrator 6 tahun 1996, Adobe membuat perubahan penting dalam antarmuka pengguna berkaitan dengan editing jalan (pemasangan user interface yang sama dengan Adobe Photoshop ), dan banyak pengguna memilih untuk tidak meng-upgrade. Illustrator juga mulai mendukung TrueType , efektif mengakhiri "font perang" antara PostScript Type 1 dan TrueType. Seperti Photoshop, Illustrator juga mulai mendukung plug-in, sangat dan cepat memperluas kemampuannya.
Dengan port sebenarnya dari versi Macintosh ke Windows dimulai dengan versi 7 tahun 1997, desainer akhirnya bisa standar pada Illustrator. Corel mengeluarkan CorelDRAW 6.0 untuk Macintosh pada tahun 1996-an, namun respon dari pasar kurang bagus, terlalu terlambat. Desainer cenderung lebih suka Illustrator, CorelDraw, atau FreeHand berdasarkan perangkat lunak yang mereka pelajari terlebih dahulu.


Versi CS-CS2
Illustrator CS adalah versi pertama untuk menyertakan 3-dimensi kemampuan yang memungkinkan pengguna untuk mengusir atau berputar untuk menciptakan bentuk sederhana 3D objek.
Illustrator CS2 (versi 12) yang tersedia untuk kedua Mac OS X dan Microsoft Windows sistem operasi. Ini adalah versi terakhir untuk Mac yang tidak berjalan secara native di Intel prosesor. Di antara fitur-fitur baru termasuk dalam Illustrator CS2 adalah Live Trace, Live Paint, sebuah palet kustom kontrol dan ruang kerja. Live Trace memungkinkan untuk konversi citra bitmap ke vektor seni dan ditingkatkan kemampuan penelusuran sebelumnya. Live Paint memungkinkan pengguna lebih fleksibel dalam menerapkan warna pada obyek, khususnya mereka yang tumpang tindih

Versi CS3
Menambahkan update interface Bar Control, kemampuan untuk menyelaraskan poin individu, beberapa Tanaman Wilayah, panel Panduan Warna dan fitur Live Warna antara lain.


Versi CS4
CS4 dirilis pada bulan Oktober 2008. Kemampuan untuk menciptakan beberapa artboards merupakan salah satu utama penambahan CS4 itu dari FreeHand. The artboards memungkinkan Anda untuk membuat beberapa versi dari sebuah pekerjaan dalam satu dokumen. Peralatan lainnya termasuk Brush Blob, yang memungkinkan stroke beberapa vektor sikat tumpang tindih dengan mudah menggabungkan atau bergabung, dan alat gradien revamped memungkinkan untuk lebih mendalam manipulasi warna serta transparansi dalam gradien.


Versi CS5
CS5 dirilis pada bulan April 2010. Seiring dengan sejumlah perangkat tambahan untuk fungsionalitas yang ada, fitur baru Illustrator CS5 termasuk alat Perspektif Grid diambil dari FreeHand, sebuah Sikat bulu (untuk stroke tampak lebih alami dan painterly) dan update yang komprehensif untuk stroke, disebut oleh Adobe sebagai "Strokes Indah ".


Versi CS6
Illustrator CS6 adalah generasi ke 16 dan merupakan versi terbaru. Beberapa fitur baru telah ditambahkan. Dalam situs adobe, disebutkan bahwa versi ini lebih cepat dan lebih intuitif, dengan stabilitas rock-solid ketika bekerja pada file yang kompleks. Dapat membuat dan mengedit pola sampai dengan 75% lebih cepat. Secara otomatis mengumpulkan semua file Anda untuk produksi dalam beberapa klik. Bekerja lebih cepat dan lebih efisien dengan streamline antarmuka baru.

Demikian berbagai macam dan perkembangan software grafis komputer yang saya tahu, dan kedepannya saya akan update jika ada kesempatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VISI & MISI Perusahaan Apple

Apple Inc. Apple Inc.  (sebelumnya bernama  Apple Computer, Inc. ) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata “Computer” dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pascapeluncuran iPhone. Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing Macbook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone. Perusahaan ini bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik, per

Nilai-Nilai Perusahaan Apple

Nilai-Nilai Perusahaan Apple Etika Bisnis Perusahaan Apple Dalam dinamika bisnisnya Apple telah melakukan pelanggaran etika bisnis ketika berhubungan dengan Foxcon dalam beberapa prinsip, yaitu :       1. Apple, menghadapi kritik besar tentang perlakuan yang tidak adil dari para pekerja dalam rantai pasokan. Yang secara teknis bekerja untuk sebuah perusahaan yang sama sekali berbeda, di negara yang berbeda dengan latar belakang sosial dan ekonomi sangat berbeda. 2. Foxcon menghadapi kontroversi di masa lalu atas masalah bunuh diri.  Fenomena ini  menunjukkan masalah kesejahteraan  yang benar-benar jauh lebih rendah dari rata-rata 3. Pada awal 2011  tercatat  bahwa Cina telah memiliki biaya tenaga kerja tertinggi ketiga dalam perekonomian Asia berkembang.  Namun Foxcon tidak memberikan upah yang sesuai dengan regulasi  4. Etika kerja, kondisi kerja, dan situasi ekonomi  di  Cina  adalah  berbeda secara radikal A merika  S erikat sebagai negara asal Apple. D ipengaruhi

Mind Mapping Tentang Hukum, Negara, dan Kewarganegaraan Indonesia

Sebelum masuk ke topik bahasan, kita akan bahas apa itu mind mapping terlebih dahulu. Sebenernya apa sih mind mapping itu?? Mind mapping adalah sebuah cara baru untuk mencatat ide maupun gagasan pikiran. Metode ini dipopulerkan oleh Tony Buzan, seorang penulis dan bintang televisi terkenal dari Inggris. Sistem ini jauh lebih efektif dari sistem mencatat linear yang selama ini kita lakukan sejak masih di bangku sekolah dasar.  Jadi, mind mapping sendiri adalah gambar diatas ya guys. Nah kali ini saya akan menjelaskan sedikit dari gambar yang kalian lihat diatas. INDONESIA Indonesia merupakan negara kesatuan republik indonesia, negara indonesia adalah negara kepulauan terbesar didunia yang terbentang di garis katulistiwa sepanjang 5.120 km. Hukum, Negara dan Pemerintah Hukum Hukum adalah kumpulan dari peraturan – peraturan tertentu yang bertujuan untuk menjaga ketertiban serta kesejahteraan seluruh masyarakat. Ciri – ciri dan sifat hukum: adanya perintah atau lar