Langsung ke konten utama

Implementasi Grafik Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari

Grafik komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah 2D (2 dimensi) yang kemudian berkembang menjadi grafik 3D (3dimensi), dan pengenalan pola (pattern recognition).
Yang mana, sebenarnya grafik 3 dimensi itu sebenarnya tidak ada, yang ada hanya grafik 2 dimensi yang terlihat seperti bentuk 3 dimensi.

Berikut adalah bentuk implementasi grafik komputer dalam kehidupan sehari-hari:

1. Game

Didalam game, kita mengenal sebuah kartu grafis atau VGA atau sekarang sudah bisa disebut sebagai GPU (Graphic Processing Unit). Nah, GPU ini biasanya harganya yang paling mahal dari komponen PC lainnya, karena digunakan untuk memproses grafik atau gambar visual yang disediakan oleh game yang kita mainkan. Itulah kenapa semakin mahal kartu grafis yang kita punya, maka semakin bagus juga FPS (Frame per second) dalam game yang kita dapatkan.
Image result for game populer

2. Televisi

Dari tahun ke tahun televisi mengalami perkembangan Grafik Komputer yang lebih modern. Dulu kita melihat Televisi hanya berupa warna hitam dan putih, setelah berkembangnya jaman perubahan warna sangat signifikan, kita disuguhkan oleh beragam warna dan Grafik yang modern yang dapat kita lihat dalam Televisi. Dewasa ini Pengolahan Citra sudah sangat terlihat, dari televisi yang hanya menampilkan efek atau grafik yang dibilang kurang nyata, sekarang sudah disuguhkan oleh LCD atau LED yang mempunyai grafik lebih modern bahkan bisa mencapai Grafik 3D.
Image result for televisi

3. Film

Akhir-akhir ini banyak film yang menggunakan animasi yang sungguh keren dan terlihat seperti nyata. Inilah salah satu bentuk perkembangan grafik didunia komputer. Dan ada juga film yang menggabungkan video nyata dengan animasi yang membuatnya semakin keren dan family friendly.
Image result for film

4. Foto

Foto sebenarnya adalah kumpulan pixel yang terdiri dari beberapa bit warna sehingga ketika digabungkan akan menjadi sebuah foto. Sebagai contoh, ketika kita punya smartphone atau monitor didepan kita, cobalah untuk melihat layarnya secara dekat, maka akan menampilkan kotak-kotak pixel.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VISI & MISI Perusahaan Apple

Apple Inc. Apple Inc.  (sebelumnya bernama  Apple Computer, Inc. ) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata “Computer” dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pascapeluncuran iPhone. Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing Macbook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone. Perusahaan ini bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektr...

Nilai-Nilai Perusahaan Apple

Nilai-Nilai Perusahaan Apple Etika Bisnis Perusahaan Apple Dalam dinamika bisnisnya Apple telah melakukan pelanggaran etika bisnis ketika berhubungan dengan Foxcon dalam beberapa prinsip, yaitu :       1. Apple, menghadapi kritik besar tentang perlakuan yang tidak adil dari para pekerja dalam rantai pasokan. Yang secara teknis bekerja untuk sebuah perusahaan yang sama sekali berbeda, di negara yang berbeda dengan latar belakang sosial dan ekonomi sangat berbeda. 2. Foxcon menghadapi kontroversi di masa lalu atas masalah bunuh diri.  Fenomena ini  menunjukkan masalah kesejahteraan  yang benar-benar jauh lebih rendah dari rata-rata 3. Pada awal 2011  tercatat  bahwa Cina telah memiliki biaya tenaga kerja tertinggi ketiga dalam perekonomian Asia berkembang.  Namun Foxcon tidak memberikan upah yang sesuai dengan regulasi  4. Etika kerja, kondisi kerja, dan situasi ekonomi  di  Cina  adalah  berbeda secar...

Model EERD

MODEL EER (ENHANCED ENTITY RELATIONSHIP)  EERD merupakan Model entity Relationship yang ditambah kemampuan semantiknya dengan beberapa konsep yang lebih kompleks. Konsep-Konsep Model EER *    Sub-Kelas (Subclass) Subset dari suatu entitas yang dikelompokkan dalam pengertian tertentu yang perlu disajikan secara eksplisit. Subclass merepresentasikan entity yang sama dengan superclass, namun memiliki peran spesifik tertentu.   Contoh : Entitas PEGAWAI mempunyai beberapa subclass seperti SEKRETARIS, TEKNISI, AHLI (Gambar 1) Entity dalam subclass merupakan anggota superclass, namun tidak sebaliknya *   Super-Kelas (Superclass) Entitas yang merupakan induk dari subclass-subclassnya. Contoh : Subclass SEKRETARIS, TEKNISI, SALES mempunyai superclass PEGAWAI (Gambar. 1) *    Spesialisasi (Spesialiazation) Proses pemecahan entitas menjadi subclass-subclass beserta atribut-atributnya. Terdapat beberapa jenis spesialisasi seperti...