Langsung ke konten utama

Post Test Backup & Recovery Data

BACKUP DAN RECOVERY DATA


  • Jelaskan apa saja penyebab kegagalan system dalam sebuah system yang memungkinkan mengganggu konsistensi data
PENYEBAB DARI KEGAGALAN ADALAH :
1. Disk Crash, informasi yang ada didisk akan hilang
2. Power failure, informasi yang disimpan pada memori utama dan register akan hilang
3. Software Error, output yang dihasilakn tidak betul dan sistem databasenya sendiri akan memasuki suatu kondisi tidak konsisten

KLASIFIKASI FAILURE
Berdasarkan Jenis storage
- Volatile storage, biasanya informasi yang terdapat pada volatile akan hilang, jika terjadi kerusakan sistem (system crash)
- Non Volatile Storage, biasanya informasi yang terdapat pada non volatile strorage tidak akan hilang jika terjadi kerusakan sistem         
- Stable Storage, informasi yang terdapat dalam stabel storage tidak pernah hilang.


  • Kegagalan system juga bisa mengakibatkan kerusakan pada system, jelaskan jenis kerusakan akibat kegagalan system dan bagaimana untuk mengatasinya
> Kerusakan Data Secara Digital
Data yang rusak secara digital diakibatkan karena adanya kesalahan proses digital baik ketika pembuatan data, penyimpanan data, penyalinan atau pemindahan data, gangguan atau interupt, maupun proses-proses digital lainnya termasuk format disk.
> Kerusakan Data Secara Fisik
Menyangkut kerusakan data secara fisik maka berkaitan erat dengan alat/media penyimpanan data itu sendiri atau aspek hardware. Ya memang, pada dasarnya jika hardware penyimpanan data rusak, maka data didalamnya juga ikut rusak bahkan sulit untuk dilakukan recovery atau pemulihan. Recovery atau pemulihan hanya bisa dilakukan jika bagian lempeng penyimpan data masih utuh dan tidak rusak.
Dokumentasikan sistem Anda dan arsipkan salinan asli perangkat lunak Anda di tempat yang aman.
  • Cadangkan file Anda secara teratur, kemudian uji dan verifikasi sehingga pencadangan Anda merupakan salinan lengkap yang asli. Hard Disk eksternal adalah pilihan yang sangat baik untuk tugas ini.
  • Jangan pernah memutakhirkan perangkat lunak atau perangkat keras tanpa ada cadangan lengkap yang terverifikasi kalau-kalau Anda perlu memulihkan data.
  • Jika Anda menggunakan Microsoft Windows XP, buatlah System Restore Points (Titik Pemulihan Sistem) sebelum melakukan perubahan signifikan pada sistem Anda.
  • Tulis rencana cadangan dan lakukan memulihkan data Anda jika terjadi masalah. Rencana cadangan Anda setidaknya memerlukan:
  • Mencari semua cadangan yang ada, termasuk tanggal dan jenis cadangan.
  • Mendaftar dan mencari semua paket perangkat lunak asli, merinci pemutakhiran sejak instalasi awal.
  • Mencari dan menyiapkan komputer alternatif.
  • Menggunakan firewall dan anti virus.
  • Menghapus file-file dan aplikasi yang tidak digunakan Gunakan pendefragmentasi disk, yang merupakan sebuah program yang biasanya merupakan bagian dari utilitas sistem operasi.

  • RDMBS menyediakan beberapa fasilitas  recovery data antara lain mekanisme backup, fasilitas loging, chekpoint, dan manager recovery. Jelaskan konsep recovery yang dapat dipilih atau digunakan pada saat kegagalan transaksi
. Mekanisme Back-Up

    Mekanisme back-up yaitu merupakan fasilitas yang dilakukan untuk mem-backup database secara periodik. Lihat gambar di bawah yang menggambarkan terjadinya proses mekanisme back-up database mengacu pada proses penyalinan data agar data yang ada tidak hilang. Salinan data inilah yang sering kita sebut back-up. Fungsi dari back-up, antara lain sebagai berikut.

  1. Mengambalikan data yang hilan ( restore ).
  2. Mengambil file yang hilang disebabkan kesalahan dalam proses menghapus atau proses hard drive gagal, proses yang diakibatkan oleh kerusakan motherboard dan kekeliruan dalam menghapus file yang ada.

. Fasilitas Logging
  
     Fisilitas logging yaitu merupakan fasilitas yang ada pada  sistem recovery untuk mencatat tranksaksi dan perubahan yang terjadi pada database, DBMS memberikan fasilitas untuk memelihara file khusus dan menyediakan informasi mengenai seluruh perubahan yang terjadi pada database.
        Fungsi dari logging merupakan proses penyimpan dan mengatur log dari semua perubahan yang dibuat pada database untuk proses recovery yang sedang dijalankan agar efektif jika terjadi kesalahan. Tujuan utama dari mekanisme logging adalah sebagai berikut.
  1. Melakukan pencatatan semua aktivitas dan kejadian-kejadian yang ada, misalnya apabila kita masuk ke halaman web, maka kita melakukan proses login dan logout, kita melakukan proses hapus/tambah/edit pada record di database, melakukan proses submit pengisian form dari halaman yahoo atau fecebook misalnya.
  2. Untuk Melakukan proses debugging.
  3. Melakukan proses monitoring dari sisi keamanan pada setiap akses yang kita lakukan.

. Fasilitas Checkpoint

   Fasilitas checkpoint merupakan fasilitas yang ada pada teknik recevory, mengizinkan update terhadap database yang akan menjadi database permanen. Fasilitas checkpoint merupakan proses melakukan update database yang terbaru.

     Proses checkpoint juga menyimpan posisi read dan write pada proses yang baru dilakukan untuk tujuan recovery dari database dan memastikan bahwa perubahan dari database telah disinkronisasikan saat proses ekstraksi dan replikasi. Proses checkpoint juga dapat digunakan untuk menghindari proses redudansi.

. Fasilitas Manager Recovery

    Fasilitas manager recovery merupakan fasilitas yang dapat mengizinkan sistem untuk dapat menyimpan kembali database ke dalam keadaan sebelum terjadinya kegagalan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VISI & MISI Perusahaan Apple

Apple Inc. Apple Inc.  (sebelumnya bernama  Apple Computer, Inc. ) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata “Computer” dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pascapeluncuran iPhone. Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing Macbook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone. Perusahaan ini bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik, per

Nilai-Nilai Perusahaan Apple

Nilai-Nilai Perusahaan Apple Etika Bisnis Perusahaan Apple Dalam dinamika bisnisnya Apple telah melakukan pelanggaran etika bisnis ketika berhubungan dengan Foxcon dalam beberapa prinsip, yaitu :       1. Apple, menghadapi kritik besar tentang perlakuan yang tidak adil dari para pekerja dalam rantai pasokan. Yang secara teknis bekerja untuk sebuah perusahaan yang sama sekali berbeda, di negara yang berbeda dengan latar belakang sosial dan ekonomi sangat berbeda. 2. Foxcon menghadapi kontroversi di masa lalu atas masalah bunuh diri.  Fenomena ini  menunjukkan masalah kesejahteraan  yang benar-benar jauh lebih rendah dari rata-rata 3. Pada awal 2011  tercatat  bahwa Cina telah memiliki biaya tenaga kerja tertinggi ketiga dalam perekonomian Asia berkembang.  Namun Foxcon tidak memberikan upah yang sesuai dengan regulasi  4. Etika kerja, kondisi kerja, dan situasi ekonomi  di  Cina  adalah  berbeda secara radikal A merika  S erikat sebagai negara asal Apple. D ipengaruhi

Mind Mapping Tentang Hukum, Negara, dan Kewarganegaraan Indonesia

Sebelum masuk ke topik bahasan, kita akan bahas apa itu mind mapping terlebih dahulu. Sebenernya apa sih mind mapping itu?? Mind mapping adalah sebuah cara baru untuk mencatat ide maupun gagasan pikiran. Metode ini dipopulerkan oleh Tony Buzan, seorang penulis dan bintang televisi terkenal dari Inggris. Sistem ini jauh lebih efektif dari sistem mencatat linear yang selama ini kita lakukan sejak masih di bangku sekolah dasar.  Jadi, mind mapping sendiri adalah gambar diatas ya guys. Nah kali ini saya akan menjelaskan sedikit dari gambar yang kalian lihat diatas. INDONESIA Indonesia merupakan negara kesatuan republik indonesia, negara indonesia adalah negara kepulauan terbesar didunia yang terbentang di garis katulistiwa sepanjang 5.120 km. Hukum, Negara dan Pemerintah Hukum Hukum adalah kumpulan dari peraturan – peraturan tertentu yang bertujuan untuk menjaga ketertiban serta kesejahteraan seluruh masyarakat. Ciri – ciri dan sifat hukum: adanya perintah atau lar